Friday, January 27, 2012

Sejarah Akuntansi

Sejarah Akuntansi - Pada kesempatan kali ini saya akan berikan informasi mengenai Sejarah Akuntansi.Setelah beberapa saat lalu saya memberikan artikel mengenai Definisi Dan Pengertian Akuntansi kali ini saya akan berikan mengenai Sejarah Akuntansi.Semoga teman - teman semakin mengerti mengenai Sejarah Akuntansi.

Menurut para ekonom, sejarah akuntansi sudah ada sejak manusia mengenal uang sebagai alat pembayaran yang sah. Dulu, pencatatan keluar masuk uang, uatang-piutang, dan transaksi lainnya dilakukan di atas tanah liat. Kemudian, pencatatan pun berkembang dengan menggunakan daun lontar. Pencatatan akuntansi seperti itu dilakukan oleh bangsa Mesir.

Sejarah Akuntansi

Evolusi akuntansi terjadi dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (Double-Entry) oleh para pedangang Venesia yang terkenal sebagai pedagang ulung pada saat itu. Sistem Double-Entry ini merupakan pencatatan seluruh aktivitas akuntansi dalam dua aspek, yaitu Debet dan Kredit.

Pada abad ke-15, sistem akuntansi dengan menggunakan angka arab berkembang di Italia yang sebelumnya pencatatan menggunakan angka romawi. Pada 1495, Luca Pacioli membuat buku tentang pembukuan di Venice. Buku yang diluncurkan oleh Luca Pacioli ini berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica Proporpioni et Proportionalita.

Buku ini kemudian tersebar di Eropa Barat dan dikembangkan kembali oleh para ahli-ahli akuntansi sehingga muncul beberapa sistem akuntansi yang tetap mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Luca Pacioli. Beberapa sistem akuntansi yang berkembang itu dinamakan sesuai dengan nama daerah yang mengembangkannya, seperti Sistem Continental (Belanda) dan Inggris (Anglo Saxon).

Pada abad sekarang ini, sistem akuntansi yang sering digunakan adalah sistem Anglo Saxon. Hal tersebut dikarenakan sistem Anglo Saxon dapat digunakan untuk mencatat berbagai macam transaksi, sedangkan sistem lainnya hanya dapat memcatat sebagian transaksi dan terhitung sukar untuk digunakan. Hal ini disebabkan sistem akuntansi lain memisahkan antara pembukuan dan akuntansi. Sementara, dalam sistem Anglo Saxon, pembukuan merupakan bagian dari akuntansi.

Sekian informasi sederhana saya mengenai Sejarah Akuntansi.Untuk pengertian akuntansi silahkan baca artikel saya mengenai Definisi Dan Pengertian Akuntansi.Sekian informasi sederhana saya mengenai Sejarah Akuntansi.

No comments:

Post a Comment