Wednesday, November 2, 2011

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan - Pada kali ini saya akan sedikit membagikan ilmu mengenai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan.Contoh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan ini saya ambil dari berbagai macam buku yang pada pakhirnya saya rangkum dan menjadi sebuah artikel Sistem Informasi Manajemen Pendidikan.


Perkembangan Teknologi kehidupan dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti E-Commerce, E-Government, E-Education, E-Library, E-Journal, E-Medicine, E-Laboratory, E-Biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan sekaligus penghematan bagi Pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah Pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Banyak lembaga Pendidikan dan Pendidikan telah mendapat manfaat dari peralatan canggih ini.

Dengan kemajuan perkembangan Pendidikan di Indonesia, baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan Pendidikan di Indonesia dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mengembangkan mutu Pendidikan dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen Pendidikan.

Sekian dulu informasi sederhana saya ini,semoga teman - teman dapat mengerti apa yang saya tulis dan saya berikan pada blog sederhana saya ini.Sekian informasi sederhana saya mengenai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan.

Contoh Skripsi Sistem Informasi


Contoh Skripsi Sistem Informasi - Pada kesempatan yang lalu saya sudah memberikan sedikit artikel mengenai Contoh Sistem Informasi Perpustakaan oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi.Silahkan dipelajari beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi yang saya berikan ini.

Sistem informasi adalah suatu sistem aplikasi dari komputer untuk mendukung sistem opersional dari suatu organisasi, misalnya sekumpulan hardware, instalasi, perangkat lunak dan data.Pada kali ini saya akan sedikit memberikan beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi.

Dalam perkembangannya, sistem informasi banyak memberi kemudahan baik dalam dunia bisnis, pendidikan dan pemerintahan. Karena itu jika ingin membuat skripsi sistem informasi ini dapat mengambil judul tema yang terjadi dengan pemberitaan akhir-akhir ini.

Berikut ini adalah beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi.
  1. Membuat judul. Menulis nama judul, nama penulis, nama kampus dan nomor induk mahasiswa. Judul harus yang berkaitan dengan dunia sistem informasi, misalnya Sistem Pembuatan KTP Biasa menjadi KTP Elektronik
  2. Membuat pendahuluan/latar belakang masalah. Bagaimana metode yang tepat agar masyarakat menyiapkan diri dengan system pembuatan KTP terbaru.
  3. Pembahasan masalah. Membuat penjelasan masalah-masalah yang mungkin akan menjadi suatu pro dan kontra.
  4. Perumusan masalah. Membuat jalan keluar dari masalah-masalah yang ada serta pembahasan masalah-masalah agar sistem ini mempermudah pendataan penduduk Indonesia.
  5. Tujuan dan manfaat penelitian. Menerangkan dari manfaat sistem ini bukan hanya untuk memanfaat kemajuan teknologi tetapi juga untuk kemajuan mendata kependudukan masyarakat Indonesia.
  6. Metodelogi Penelitian. Dapat menggunakan contoh-contoh Negara di Eropa yang sudah berhasil menerapkan sistem ini.
  7. Kerangka berfikir. Membuka pemikiran baru tentang pentingnya perubahan KTP ini agar memberi banyak kemudahan bagi semua orang.
  8. Landasan Teori.Dengan lebih mengutamakan pemanfaatan sistem informasi ini diharapkan agar Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.
  9. Hipotesis. Memberikan jawaban-jawaban yang mungkin akan muncul dengan sistem ini.
  10. Penutup. Mengemukakan alasan-alasan yang tepat mengapa sistem ini harus diupayakan di Indonesia dan memberikan harapan-harapan yang baik.
Untuk lebih jelas,berikut ini saya berikan link beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi agar teman - teman dapat mengerjakan beberapa Skripsi Sistem Informasi.Silahkan download jika ingin mempelajari Contoh Skripsi Sistem Informasi.


  1. http://female.store.co.id/images/media/abstrak sistem informasi.pdf
  2. http://female.store.co.id/images/media/sistem informasi - komputer.pdf
  3. http://female.store.co.id/images/media/sistem informasi akademik - abstrak.pdf
  4. http://female.store.co.id/images/media/sistem informasi apotek - abstrak.pdf
  5. http://female.store.co.id/images/media/sistem informasi geografis.pdf
Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai beberapa Contoh Skripsi Sistem Informasi.

Pengertian ERD Dan Normalisasi

Pengertian ERD Dan Normalisasi - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Pengertian ERD Dan Normalisasi.Basis data Relasional adalah kumpulan dari relasi-relasi yang mengandung seluruh informasi berkenaan suatu entitas/ objek yang akan disimpan di dalam database. Tiap relasi disimpan sebagai sebuah file tersendiri. 

Perancangan basisdata merupakan suatu kegiaatan yang setidaknya bertujuan sebagai berikut:

  • Menghilangkan redundansi data
  • Meminimumkan jumlah relasi di dalam basis data
  • Membuat relasi berada dalam bentuk normal, sehingga dapat meminimumkan permasalahan berkenaan dengan penambahan, pembaharuan dan penghapusan.

ERD adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship.menjadi mentalist Suatu entity bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entity lainnya. Contoh : entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dan nim. 


Diagram E-R terdiri dari:
  • Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entitas
  • Elip, menggambarkan atribut-atribut entitas
  • Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas
  • Garis, yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R

E-R Diagram merupakan suatu bahasa pemodelan yang dimana posisinya dapat dianalogikan dengan stroy board dalam industri film, blu print arsitektur suatu bangunan, miniatur, dan lain-lain. Dalam praktiknya, membangun suatu sistem terlebih dahulu dilakukannya suatu perencaan. Pemodelan merupakan suatu sub bagian dari perencanaan secara keseluruhan sebagai salah satu upaya feedback evaluasi perampungan suatu perencanaan. 


E-R Diagram sebagai suatu pemodelan setidaknya memiliki beberapa karakteristik dan manfaat sebagai berikut:
  • Memudahkan untuk dilakukannya analisis dan perubahan sistem sejak dini, bersifat murah dan cepat.
  • Memberikan gambaran umum akan sistem yang akan di buat sehingga memudahkan developer.
  • Menghasilkan dokumentasi yang baik untuk client sebagai bahan diskusi dengan bentuk E-R Diagram itu sendiri.
  • Kamus data bagi bagi para pengembang handy database.


Struktur dari E-R Diagram secara umum ialah terdiri dari:
  • Entitas merupakan objek utama yang informasi akan disimpan, biasanya berupa kata benda, ex; Mahasiswa, Dosen, Nasabah, Mata Kuliah, Ruangan, dan lain-lain. Objek dapat berupa benda nyata maupun abstrak.
  • Atribut merupakan deskripsi dari objek yang bersangkutan.
  • Relationship merupakan suatu hubungan yang terjalin antara dua entitas yang ada.


Kardinalitas Relasi
ERD yang mempersentasikan suatu basisdata relasional senantiasa memiliki relasi-relasi dari sejumlah entitas yang dapat ditentukan banyaknya. Banyaknya suatu relasi yang dimiliki oleh suatu relasi entitas disebut derajat relasi. Derjat relasi maksimum disebut dengan kardinalitas sedangkan derajad minimum disebut dengan modalitas. Kardinalitas yang terjadi diantara dua himpunan entitas (misal A dan B) dapat berupa:
  • One to One, satu record dipetakan dengan satu record di entitas lain. Contoh: satu nasabah punya satu account.
  • One to Many, Satu record dapat dipetakan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh: satu nasabah dapat punya lebih dari satu account.
  • Many to Many, Beberapa record dapat dipetakan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh: satu nasabah dapat memiliki lebih dari satu account. Satu account dapat dimiliki lebih dari satu nasabah (join account).
Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Pengertian ERD Dan Normalisasi.

Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart

Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.Banyak diantara teman - teman yang sedang melaksanakan tugas akhir ataupun skripsi yang masih belum paham mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.

Mari kita lihat selengkapnya mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart yang akan saya bahas kali ini dalam artikel sederhana saya ini.

Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.

Simbol-simbol flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program.

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
• Input berupa bahan mentah
• Proses pengolahan
• Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
 START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.
 READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
 PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
 WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
 END: mengakhiri kegiatan pengolahan

Sekian dulu artikel sederhana saya ini mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.Semoga teman - teman dapat lebih memahami setelah membaca artikel dari saya mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.

Pengertian Diagram Arus Data

Pengertian Diagram Arus DataDiagram Arus Data atau Data Flow Diagram (DFD) merupakan alat yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir ataupun lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan (Jogiyanto, HM, 2005 :700).


Kesatuan Luar

Merupakan kesatuan lingkungan di luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem.


Arus Data

Arus data ini mengalir diantara proses, simpanan data dan kesatuan luar. Arus data ini menunjukkan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem. Arus data ini ditunjukkan dengan simbol panah.


Proses

Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk menghasilkan arus data yang akan keluar dari proses.


Simpan Data

Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa:
a. Suatu file atau database di sistem komputer
b. Suatu arsip atau catatan manual
c. Suatu kotak tempat data di meja seseorang
d. Suatu tabel acuan manual
e. Suatu agenda atau buku


Aturan Main DFD

1. tidak boleh mengubungkan external entity dangan external entiti secara langsung.
2. tidak boleh menghubungkan data store dengan data store secara langsung
3. tidak boleh menghubungkan entity dengan data store secara langsung
4. setiap proses harus ada data flow yang masuk dan data flow yang keluar.


Cara Membuat DFD

umum ------> detail ( TOP DOWN ANALYS )
Jabarkan proses sedetail mengkin
pelihara konsistensi antar proses
berikan label yang bermakna


Tahap Pembuatan DFD

1. diagram context : menggambarkan sistem secara global
2, diagram nol : penjabaran terperinci dari diagram context
3. diagram detail : menggambarkan proses secara terperinci dari diagram nol


Sekian dulu sedikit informasi sederhana saya ini mengenai Pengertian Diagram Arus Data.

Contoh Sistem Informasi Perpustakaan

Contoh Sistem Informasi Perpustakaan - Penerapan teknologi informasi telah menyebar hampir di semua bidang, tidak terkecuali di bidang perpustakaan. Dengan demikian, ukuran perkembangan perpustakaan banyak diukur dari penerapan teknologi informasi yang digunakan dan bukan dari skala ukuran lain seperti besarnya gedung perpustakaan yang dimiliki, jumlah koleksi yang tersedia maupun jumlah penggunanya. 
Kebutuhan akan teknologi informasi sangat berhubungan dengan peran perpustakaan sebagai kekuatan dalam penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan.Berikut ini adalah sedikit Contoh Sistem Informasi Perpustakaan.
Fitur utama Sistem Informasi Perpustakaan (SIP) Berbasis Web:
  • Administrasi koleksi perpustakaan (database buku, makalah, jurnal) berdasarkan kategori
  • katalogisasi, inventarisasi
  • profile perpustakaan
  • security/hak akses penggunaan aplikasi
  • sirkulasi buku
  • pengelolaan/informasi penerbitan
  • feed back sistem informasi perpustakaan meliputi buku tamu, news ticker, saran atau pesan singkat
  • pengelolaan anggota perpustakaan (administrasi)
  • Katalog / Kategori Buku,
    program sistem informasi perpustakaan ini dapat membagi buku/makalah atau produk lain yang ingin ditampilkan pada sistem informasi perpustakaan dalam kategori-kategori terpisah, sehingga memudahkan user menemukan apa yang dibutuhkannya. Selain itu, program juga dapat membuat sebuah sub kategori dari sebuah kategori induk yang ada, sehingga memiliki tingkat kedalaman kategori.
  • Informasi Lengkap Buku,
    pada bagian informasi lengkap buku/produk, akan ditampilkan screenshoot (gambar) dari buku (jika ada), dilengkapi dengan ID pustaka, judul buku, nama pengarang, penerbit, ISBN, jumlah halaman dari buku, ukuran, jenis bahasa, sumber buku, stok buku yang tersedia serta resume singkat dari buku/produk.
  • Blanko Peminjaman,
    pengunjung dapat melakukan permohonan peminjaman terhadap buku yang ada, dimana setelah memilih buku yang diinginkan, mereka akan diminta untuk mengisi blanko permohonan peminjaman. Setelah menekan tombol "Proses", maka permohonan peminjaman pengunjung akan dicatat ke dalam database, sehingga pengelola dapat melihat siapa yang melakukan peminjaman. Apabila dibutuhkan dan diaktifkan pengelola, terdapat sebuah tombol untuk mencetak blanko permohonan peminjaman tersebut, sehingga peminjam bisa membawa hasil print (cetak) ke pihak perpustakaan sebagai bukti saat melakukan pengambilan buku.
  • Stok (Ketersediaan) Buku,
    saat pengunjung melakukan proses permohonan peminjaman buku, stok (ketersediaan) buku yang tersedia belum akan berkurang. Setelah diproses oleh pengelola, maka secara otomatis stok buku akan berkurang dengan jumlah yang dipinjam. Pemohon pinjam sendiri akan ditempatkan di bagian "Sedang Dipinjam". Stok buku akan direset (dikembalikan) ke nilai semula secara otomatis, ketika pengelola mengklik menu yang menandakan bahwa buku yang dipinjam telah dikembalikan, dan Peminjam akan dikelompokkan ke dalam Arsip Peminjam.
  • Statistik Perpustakaan,
    pada bagian statistik ini akan ditampilkan nama-nama yang melakukan permohonan peminjaman, sedang dipinjam dan telah mengembalikan buku yang dipinjam. Statistik sendiri akan ditampilkan dalam bentuk kalender.
  • Tampilan Random Buku Perpustakaan,
    buku-buku perpustakaan yang ada akan ditampilkan secara random (acak) dibagian kanan dan kiri situs. Saat diklik, maka pengunjung akan diarahkan langsung ke informasi lengkap buku tersebut.
  • Internal Search Engine,
    fitur yang memungkinkan pengunjung mencari data buku perpustakaan.
    Informasi Terbaru, fitur ini untuk menampilkan informasi-informasi terbaru yang terkait dengan perpustakaan.
  • Ruangan Pengelola,
    merupakan ruangan tempat pengelola menambah buku, memperbaharui atau memeriksa status ketersedian buku, pengaturan keamanan dan pengaturan-pengaturan lainnya sehingga program dapat berjalan dengan baik.
  • Kewenangan Akses,
    kewenangan anggota dapat diatur menurut kebutuhan, seperti apakah yang bersangkutan sebagai anggota biasa, yang hanya dapat mengakses, sebagai seorang pengelola, atau yang lainnya.
    Program sistem informasi ini sendiri memiliki tingkat kewenangan beragam terhadap masing-masing pengelola, sehingga dapat ditentukan siapa yang punya akses atau tidak terhadap suatu fitur tertentu.
  • Fungsi Laporan,
    pada ruangan pengelola di bagian informasi buku, ada fungsi yang dapat digunakan sebagai Pelaporan, dimana data-data buku, yang mengajukan permohonan peminjaman, sedang meminjam, atau arsip yang pernah meminjam, dapat dicetak dalam bentuk kertas atau dalam bentuk file Excel (.XLS)
  • Pengelolaan User,
    sistem informasi ini memiliki fasilitas untuk bergabung yang bisa diaktifkan atau dinon-aktifkan oleh pengelola.
  • Online Help,
    program memiliki panduan online, yang akan mempermudah pengelola memahami fitur yang ada. Online Help yang terletak di bagian kiri bawah pada Ruangan Pengelola itu sendiri akan tampil berdasarkan fitur/menu yang diakses.
  • Dokumentasi Online,
    selain Online Help, juga tersedia sebuah dokumentasi online, yang akan menjelaskan secara singkat tentang fitur yang ada pada program. Dokumentasi Online ini terletak di Ruangan Pengelola pada bagian kanan bawah.
  • Menggunakan database MySQL,
    sistem informasi perpustakaan berbasis web ini menggunakan database MySQL sebagai tempat penyimpanan data, sehingga gampang dikelola dan terstruktur dengan baik.

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan mengenai Pengertian Teknologi Informasi.Banyak yang belum mengetahui mengenai Pengertian Teknologi Informasi ini.Oleh karena itu saya akan sedikit membagi mengenai Pengertian Teknologi Informasi.

Pengertian Teknologi Informasi itu sendiri ada beberapa macam mari kita lihat sedikit Pengertian Teknologi Informasi :

  • Seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal.
  • Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan  perangkat lunak) yang digunakan untuk memroses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untik mengirimkan informasi.
  • Teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data,suara dan video.
Jadi menurut kesimpulan teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dengan teknologi komunikasi.Teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan computer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer,pembaca sisidk jari dan bahkan CD room.

Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi jarak jauh.Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon,radio dan televisi.Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Pengertian Teknologi Informasi.

Membuat Random Post Pada Blogspot

Membuat Random Post Pada Blogspot - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan tutorial yang mungkin berguna untuk teman - teman semua mengenai bagaimana Membuat Random Post Pada Blogspot.Sebenarnya,Cara Membuat Random Post Pada Blogspot gampang sekali teman - teman tinggal melihat saja dan mengcopy script yang sudah ada ini.


Cara Membuat Random Post Pada Blogspot sangat gampang,teman - teman tinggal mengikuti langkah - langkah Membuat Random Post Pada Blogspot ini yang saya berikan disini.Silahkan teman - teman simak bagaimana Membuat Random Post Pada Blogspot.

Berikut ini adalah langkah - langkah Membuat Random Post Pada Blogspot :
  • Buka halaman dashboard teman - teman semuanya.
  • Pilih layout untuk menambahkan diside bar teman - teman semuanya.
  • Pilih HTML/Java Script.
  • Copy Script berikut ini
<script type="text/javascript">
var randarray = new Array();var l=0;var flag;
var numofpost=12;function randomposts(json){
var total = parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);
for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}}
if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>');
for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];
for(k=0; k < entry.link.length; k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>";
document.write(item);}}
}document.write('</ul>');}
</script>
<script src="/feeds/posts/default?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts" type="text/javascript"></script>

  •  Ganti angka 12 untuk menampilkan berapa jumlah post yang ingin ditampilkan.
  • Save
Selesai sudah artikel sederhana saya mengenai cara Membuat Random Post Pada Blogspot.Semoga teman - teman dapat mengerti bagaimana caranya setelah membaca artikel Membuat Random Post Pada Blogspot.